--> Skip to main content

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 merupakan RPP Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia yang nantinya RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 7 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 Revisi.
Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia K13 SMP Kelas 7 Semester 1, RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Word, RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1, RPP K13 SMP Bahasa Indonesia

Tahun ajaran baru telah dimulai yang berarti bahwa RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah menengah pertama yang mengampu kelas 7 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai bahan referensi dalam membuat RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 7 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yang berformat word sehingga mudah untuk anda edit sesuai keperluan.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 yang antara lain sebagai berikut, Kompetensi Inti berupa
 ; Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Downoad RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 7 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia, RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 Revisi pada tautan yang ada di bagian bawah

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru


RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 memuat Kompetensi Dasar yang antara lain ; Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca, Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.

Indikator Pencapaian Kompetensi yang ada di dalam RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi yaitu Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar. Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar. Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar. Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya). Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 memiliki Tujuan Pembelajaran yaitu Setelah mengikuti serangkaian diskusi siswa diharapkan dapat: menentukan pengertian teks deskripsi, menentukan ciri tujuan teks deskripsi, menentukan ciri umum teks deskripsi, menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan, menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca, memetakan isi teks deskripsi dan menjawab pertanyaan isi teks deskripsi.

Materi Pembelajaran yang ada di dalam RPP Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia antara lain Materi Pembelajaran Reguler, Pengetahuan ; Pengertian teks deskripsi, Jenis teks deskripsi, Tujuan komunikasi teks deskripsi, Pola pengembangan isi pada teks deskripsi. Keterampilan ; Memetakan pengembangan isi, Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian, Praktik menentukan pola pengembangan isi teks.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 mengandung Materi Pembelajaran Remedial, Pengetahuan yakni ; Pengertian teks deskripsi, Jenis teks deskripsi, Tujuan komunikasi teks deskripsi, Pola pengembangan isi pada teks deskripsi. Keterampilan ; Memetakan pengembangan isi, Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian, Praktik menentukan pola pengembangan isi teks.

Materi Pembelajaran Pengayaan yang dimuat di dalam RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 Revisi terdiri dari, Pengetahuan ; Pengertian teks deskripsi, Jenis teks deskripsi, Tujuan komunikasi teks deskripsi, Pola pengembangan isi pada teks deskripsi. Keterampilan ; Memetakan pengembangan isi, Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian, Praktik menentukan pola pengembangan isi teks.

Kegiatan Pembelajaran yang ada di dalam RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai berikut ; Pendahuluan, Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, mengabsen siswa dan perkenalan. Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran ketika di SD dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia K13 SMP Kelas 7 Semester 1, RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Word, RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1, RPP K13 SMP Bahasa Indonesia silahkan terus scroll ke bawah menuju akhir artikel.

Pada bagian awal RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 siswa disadarkan adanya teks deskripsi dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.

RPP Bahasa Indonesia K13 SMP Kelas 7 Semester 1 Dibuka dengan contoh teks deskripsi yang berupa nyanyian deskripsi (Rayuan Pulau Kelapa). Bertanya jawab tentang kata kunci pada lagu dan hubungannya dengan teks deskripsi. Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai. Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 menegaskan Kegiatan Inti yang dibagia menjadi, Bagian A dan B KD 3.1 dan 4.1 ; Pertemuan Pertama – keempat (8 JP) : Membaca berbagai contoh teks deskripsi, Menanya tentang ciri teks deskripsi dan jenis teks deskripsi, Menggali informasi, Mendaftar informasi terkait hal-hal yang digambarkan dalam teks deskripsi.

Mendaftar informasi terkait ciri tujuan, kebahasaan, dan jenis teks, Membaca berbagai teori dari berbagai sumber termasuk pada buku siswa, Menalar, Mendiskusikan ciri umum teks deskripsi, Menyimpulkan pengertian teks deskripsi, Menyimpulkan ciri teks deskripsi dan jenis teks, Mengomunikasikan, Mempresentasikan hasil diskusi.

Pertemuan keempat - kedelapan ( 8 JP) pada RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 berupa; Mengamati judul teks, Menanya apa saja isi teks dan bagaimana cara memahami, Menggali informasi, Membaca beberapa teks deskripsi, Menalar ; Mendiskusikan isi teks, Memetakan isi teks, Membandingkan isi beberapa teks, Menyimpulkan cara memahami isi teks. Mengomunikasikan ; Menyajikan hasil pemahaman isi teks dan cara memahami isi teks.

RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Word mempunyai aktivitas Penutup, dimana Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari. Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan. Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.

Selain yang tersebut tadi RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1 juga Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas. Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

Untuk lebih jelasnya tentang penjelasan RPP SMP/MTs yang ada di atas maka silahkan bapak atau ibu Guru Download RPP K13 Kelas 7 SMP Bahasa Indonesia pada tautan yang telah kami sediakan di akhir artikel.

Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020


Perlu sobat guru ketahui bahwa RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 7 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yang kami bagikan berikut ini hanyalah sebagai contoh saja sehingga jika akan digunakan lebih lanjut harap diedit terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan perangkat pembelajaran yang berlaku di sekolah bapak dan ibu guru. Silahkan Download RPP Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Semester 1 Mapel Bahasa Indonesia pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
rpp bhs indo kelas 7 semester1   semester2 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar