--> Skip to main content

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 merupakan RPP Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia yang nantinya RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 7 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 2 Revisi.
RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 7 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia, RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 2 Revisi

Tahun ajaran baru telah dimulai yang berarti bahwa RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah menengah pertama yang mengampu kelas 7 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai bahan referensi dalam membuat RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 7 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yang berformat word sehingga mudah untuk anda edit sesuai keperluan.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 yang antara lain sebagai berikut, Kompetensi Inti ; Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 7 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia, RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 Semester 2 Revisi dapat anda download pada tautan yang ada di bagian bawah

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru


RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 memiliki Kompetensi Dasar berupa Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar. Indikator ; Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar. Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks yang dibaca/didengar.

Indikator Pencapaian Kompetensi yang ada di dalam RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 yakni Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang dibaca/didengar. Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis. Menyimpulkan isi pantun. Menyimpulkan isi syair. Menyimpulkan isi gurindam.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 memuat Materi Pembelajaran diantaranya Materi Pembelajaran Reguler terdiri dari Kegiatan A dan B, Pengetahuan ; Pengertian puisi rakyat, Jenis puisi rakyat, Tujuan komunikasi puisi rakyat, Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun), Kata berima pada puisi rakyat, Makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat. Keterampilan ; Memahami isi puisi rakyat (syair, gurindam, pantun). Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian.

Materi Pembelajaran Remedial yang diterangkan di dalam RPP Bahasa Indonesia K13 SMP Kelas 7 Semester 2 antara lain Pengetahuan ; Pengertian puisi rakyat, Jenis puisi rakyat, Tujuan komunikasi puisi rakyat, Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun), Kata berima pada puisi rakyat, Makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat. Keterampilan ; Memahami isi puisi rakyat (syair, gurindam, pantun). Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian).

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 memuat Materi Pembelajaran Pengayaan berupa Pengetahuan ; Pengertian puisi rakyat, Jenis puisi rakyat, Tujuan komunikasi puisi rakyat, Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun), Kata berima pada puisi rakyat, Makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat. Keterampilan ; Memahami isi puisi rakyat (syair, gurindam, pantun). Praktik memahami isi puisi rakyat (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian). Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama , proaktif, dan kreatif.

Silahkan terus gulir ke bawah menuju akhir artikel untuk Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia K13 SMP Kelas 7 Semester 2, RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Word, RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2, RPP K13 Kelas 7 SMP Bahasa Indonesia

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 memuat Kegiatan Pembelajaran yang dimulai dengan Pendahuluan ; Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan mengabsen siswa. Guru bertanya-jawab tentang kaitan isi puisi rakyat yang monumental (misal Gurindam Duabelas Raja Ali Haji, Syair Perahu dan Hamzah Fansuri) dengan masalah-masalah sikap generasi muda masa kini. Guru bisa mengutip beberapa nilai penting yang sangat relevan untuk kehidupan masa kini. Misalnya, nilai kejujuran dan pantang menyerah yang ada pada puisi rakyat.

Siswa secara berantai membaca nilai-nilai pada puisi rakyat tersebut sambil mengamati gambar/ slide hilangnya kejujuran dan sikap pantang menyerah dalam masyarakt kita. Siswa disadarkan adanya nilai-nilai luhur pada puisi rakyat yang ditinggalkan nenek moyang bangsa Indonesia. Membacakan masalah-masalah pada berita masa yang bertentangan dengan nilai-nilai pada Gurindam Dua belas atau Syair Perahu. Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai. Membangun konpuisi rakyat untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2.

Sedangkan Kegiatan Inti yang disematkan pada RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Word berupa beberapa tahap dimana Bagian A dan B: Dekonstruksi ; Pertemuan Pertama (4 JP), Membaca contoh beragam gurindam, syair, pantun, Menanya tentang puisi rakyat, Berdiskusi ciri umum puisi rakyat, menentukan persamaan dan perbedaan pantun, syair, dan gurindam. Pertemuan Kedua (4 JP) ; Membaca/ mendengar puisi rakyat, Menanya, Isi pesan dalam puisi rakyat, Membaca dan menyanyikan puisi rakyat, Bermain untuk mengenali isi puisi rakyat

Kegiatan Penutup dari RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2 diawali dengan Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari. Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan. Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran. Siswa diwajibkan membaca puisi rakyat ( gurindam, syair, pantun) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur. Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

Untuk lebih jelasnya tentang penjelasan RPP SMP/MTs yang ada di atas maka silahkan bapak atau ibu Guru Download RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 7 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 pada tautan yang telah kami sediakan di akhir artikel.

Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020


Perlu sobat guru ketahui bahwa RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi Semester 2 yang kami bagikan berikut ini hanyalah sebagai contoh saja sehingga jika akan digunakan lebih lanjut harap diedit terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan perangkat pembelajaran yang berlaku di sekolah bapak dan ibu guru. Silahkan Download RPP Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia Semester 2 pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
rpp bhs indo kelas 7 semester2   semester1 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar