--> Skip to main content

RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Revisi

RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Revisi merupakan RPP Tematik Kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Pembelajaran 1-6, RPP K13 Kelas 5 Semester 8 Revisi ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP K13 SD Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 1-6.
RPP Tematik Kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2019/2020/2021 Pembelajaran 1-6, Download RPP K13 Kelas 5 Semester 2 Revisi

Tahun ajaran baru telah tiba yang menandakan bahwa RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah dasar yang mengampu kelas 5 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP Tematik Kelas 5 SD/MI Tema 8 Kurikulum 2013 Revisi sebagai bahan referensi dalam membuat RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Tema 8 yang sudah dilengkapi dengan Semua Subtema.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Revisi yang antara lain sebagai berikut : KOMPETENSI INTI (KI) antara lain Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Revisi memuat Kompetensi Dasar diantaranya Menguraikan urutan peristiwaatau tindakan yang terdapatpada teks nonfiksi, Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yangterdapat pada teks fiksi, Menganalisis siklus air dandampaknya pada peristiwadi bumi serta kelangsungan makhluk hidup, Membuat karya tentang skemasiklus air berdasarkan informasidari berbagai sumber, Memahami tangga nada, Menyanyikan lagu-lagu dalamberbagai tangga nada denganiringan musik.

Ibu dan bapak Guru dapat menDownload RPP Tematik Kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2019/2020/2021 Pembelajaran 1-6, RPP K13 Kelas 5 Semester 2 Revisi ini pada tautan yang telah disiapkan pada bagian bawah

RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Revisi


Indikator Pencapaian Kompetensi yang ada di dalam RPP Tematik Kelas 5 SD/MI Tema 8 Kurikulum 2013 Revisi berupa ; Membaca teks narasi peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi, Menceritakan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita, Melakukan percobaan tahap-tahap dalam siklus air seperti evaporasi, kondensasi, dan presipitasi, Mendiskusikan siklus air dan dampaknya bagi peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup.

Memainkan alat musik sederhana untuk mengiringi lagu bertangga nada mayor dan minor, Mempraktikkan gerak melangkahkan kaki ke berbagai arah dan mengayun ke berbagai arah mengikuti ketukan/tepuk tangan.

RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Revisi memuat TUJUAN PEMBELAJARAN yakni ; Melalui kegiatan menyanyi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai tangga nada dengan benar. Melalui kegiatan pengamatan, siswa mampu menjelaskan terjadinya siklus air dengan baik. Melalui kegiatan menggali informasi dari sumber bacaan, siswa dapat membuat bagan sederhana untuk menjelaskan siklus air. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi urutan peristiwa dalam bacaan dengan benar.

MATERI PEMBELAJARAN yang ada pada RPP K13 SD Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 1-6 yaitu ; Teks Penjelasan menjelaskan terjadinya siklus air, teks, menjelaskan perubahan wujud benda padat, cair, dan gas. Lagu berjudul “Rayuan Pulau Kelapa”,

RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Revisi menegaskan beberapa Langkah Pembelajaran yang dimulai dengan Pendahuluan, Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.

Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.

Penutup, Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung: Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? Dan Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?, Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.

Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.

Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. Untuk lebih lengkapnya tentang penjelasan di atas maka silahkan Download RPP Tematik Kelas 5 SD/MI Tema 8 Kurikulum 2013 Revisi pada tautan yang telah disiapkan di akhir artikel.

Download RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Revisi


Namun perlu bapak dan ibu Guru ketahui bahwa RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Revisi ini hanya sebagai Contoh RPP Tematik Kelas 5 SD/MI Tema 8 Kurikulum 2013 Revisi saja yang artinya setelah bapak ibu Guru mendownload RPP K13 SD Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 1-6 ini maka sebaiknya silahkan di edit sesuai kebutuhan.

RPP K13 SD Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 1-6 dapat ibu dan bapak guru download, dimana filenya sudah disatukan dengan perincian seperti berikut ini :

RPP Kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 1

RPP Kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 2

RPP Kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 3

RPP Kelas 5 SD/MI Tema 8 Subtema 4

Jika sobat guru tertarik dengan RPP Tematik Kelas 5 SD/MI Tema 8 Kurikulum 2013 Revisi yang gambaran isinya sudah kami jelaskan di atas tadi maka silahkan anda download pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini.
RPP Kelas 5 Tema 8 disini 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 2 3 4 Revisi ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan Gratis Perangkat pembelajaran SD/MI lainnya langsung ke smarthpone anda dengan bergabung bersama guru lainnya dari berbagai daerah disini 👉 Bergabung Grup Dapodik
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar