--> Skip to main content

RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 merupakan RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Matematika yang nantinya RPP Matematika K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP Matematika SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi.
RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Matematika K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Matematika, RPP Matematika SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi

Tahun ajaran baru telah dimulai yang berarti bahwa RPP Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah menengah pertama yang mengampu kelas 9 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai bahan referensi dalam membuat RPP Matematika K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yang berformat word sehingga mudah untuk anda edit sesuai keperluan.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 yang antara lain Kompetensi Intinya berupa Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya, Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI (kompetensi inti) lainnya yang juga disebtukan di dalam RPP Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 yaitu Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Matematika K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Matematika, RPP Matematika SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi dapat ibu dan bapak Guru download pada tautan yang ada di bagian bawah

RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru


RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 memuat Kompetensi Dasar (KD) yakni Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual, Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang tercantum pada RPP Matematika K13 SMP Kelas 9 Semester 2 adalah Peserta didik mendiskripsikan bidang Kartesius dengan rasa ingin tahu dan percaya diri, Peserta didik mendiskripsikan lokasi benda pada koordinat Kartesius, Peserta didik menemukan konsep translasi (pergeseran), dengan rasa ingin tahu dan bersungguh – sungguh. Peserta didik menemukan konsep refleksi (pencerminan), dengan rasa ingin tahu dan bersungguh – sungguh.

Indikator selanjutnya dalam RPP Matematika Kelas 9 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 ialah Peserta didik menemukan konsep Rotasi (perputaran), dengan rasa ingin tahu dan bersungguh – sungguh. Peserta didik menemukan konsep dilatasi (perkalian), dengan rasa ingin tahu dan bersungguh – sungguh. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan letak suatu titik koordinat dengan konsep translasi.

Lalu IPK lainnya berupa Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan letak suatu titik koordinat dengan konsep refleksi. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan letak suatu titik koordinat dengan konsep rotasi. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan letak suatu titik koordinat dengan konsep dilatasi juga ikut dimuat dalam RPP Matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Format Word

RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 mempunyai beberapa Tujuan Pembelajaran yang diawali dengan Pertemuan Pertama, Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat bayangan hasil refleksi oleh garis l dan bayangan titik dan garis pada grid. Pertemuan Kedua, Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat menjelaskan Refleksi (pencerminan) pada sumbu –X dan refleksi Pada sumbu –y.

Untuk Download RPP Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP Matematika K13 SMP Kelas 9 Semester 2, RPP Matematika Kelas 9 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP Matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Word, RPP Matematika Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2, RPP K13 SMP Matematika silahkan rekan guru terus scroll ke bawah hingga akhir artikel.

Pertemuan Ketiga seperti yang tertulis dalam RPP Matematika Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2 memiliki tujuan PBM yakni Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan refleksi(pencerminan) dan refleksi terhadap titik asal 0(0,0) dan refleksi terhadap garis y=x. Pertemuan Keempat, Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan refleksi (pencerminan) pada refleksi titik pada garis sejajar sumbu– x dan refleksi titik pada garis sejajar sumbu –y.

Lanjut pada Pertemuan Kelima pada RPP K13 SMP Matematika Semester 2 Kelas 9 memilikitujuan pembelajaran diaman Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan konsep translasi, Pertemuan Keenam, Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat melukis gambar yang ditranslasikan dengan menggunakan pencerminan berulangyang dijabarkan dengan menggunakan koordinat. Pertemuan Ketujuh, Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat melukis gambar yang diputar menggunakan sudut rotasi.

Kemudian Pertemuan Kedelapan pada RPP Matematika K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 mempunyai tujuan PBM yang mana Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan gambar/bangun dengan simetri putar. Pertemuan Kesembilan, Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menenentukan faktor skala. Pertemuan Kesepuluh, Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan transformasi dalam masalah nyata.

Pada RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 tertulis beberapa Langkah Pembelajaran yang dimuali dengan Kegiatan Pendahuluan oleh Guru : Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai isi dalam Al Qur’an (Literasi), Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin, Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

RPP Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Semester Genap juga memuat langkah pembelajaran berupa kegiatan Apersepsi yang diawali dengan Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Aplikasi Fungsi Kuadrat dan Membuat Persegi. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Kegiatan Motivasi pada RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Matematika dilakukan dengan Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Refleksi(pencerminan) dan Memahami konsep Refleksi Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung, Mengajukan pertanyaan.

Tak ketinggalan kegiatan Pemberian Acuan berupa Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung, Pembagian kelompok belajar, Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran juga ikut disematkan dalam RPP Matematika SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi

Untuk lebih jelasnya tentang penjelasan RPP SMP/MTs yang ada di atas maka silahkan bapak atau ibu Guru Download RPP Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 pada tautan yang telah kami sediakan di akhir artikel.

Download RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020


Perlu sobat guru ketahui bahwa RPP Matematika K13 SMP Kelas 9 Semester 2 yang kami bagikan berikut ini hanyalah sebagai contoh saja sehingga jika akan digunakan lebih lanjut harap diedit terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan perangkat pembelajaran yang berlaku di sekolah bapak dan ibu guru. Silahkan Download RPP Matematika Kelas 9 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
rpp kelas9 matematika semester2   semester1 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP Matematika Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar