--> Skip to main content

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 merupakan RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel PAI yang nantinya RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP PAI SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Revisi.
RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel PAI, RPP PAI SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Revisi

Tahun ajaran baru telah dimulai yang berarti bahwa RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah menengah pertama yang mengampu kelas 9 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai bahan referensi dalam membuat RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yang berformat word sehingga mudah untuk anda edit sesuai keperluan.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 yang terdiri dari Kompetensi Inti (KI) berupa Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.

KI lainnya yang terdapat pada RPP PAI SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Revisi yakni Mengetahui pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sejenis.

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel PAI, RPP PAI SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Revisi dapat bapak dan ibu Guru download pada tautan yang ada di bagian bawah

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru


RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 memiliki Kompetensi Dasar (KD) yaitu Beriman kepada Hari Akhir, Menghargai sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir, Memahami makna iman kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan Nya, Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir.

Indikator yang dimuat dalam RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel PAI Semester 1 yaitu Menampilkan makna iman kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan Nya. Melatih sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir Menjelaskan makna iman kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan Nya. Mengemukakan tanda-tanda kiyamat sugra dan kiyamat kubra. Mendemonstrasikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 memiliki beberapa Materi Pembelajaran yang tertulis di dalamnya yang diawali dengan Pertemuan ke-1 ; Pengertian iman kepada hari akhir, Tanda-tanda hari akhir, kiamat sugra dan kiamat qubra. Pertemuan ke-2 ; Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran yang ada di dalam RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 didahului dengan Pertemuan 1, Pendahuluan (10 menit) ; Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat. Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik. Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.

Langkah selanjutnya pada RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 adalah Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi iman kepada hari Akhir. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok. Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 mempunyai Kegiatan inti (90 menit), yang dimulai dengan kegiatan Mengamati : Guru menyajikan tayangan video tentang gambaran hari akhir, Peserta didik mengamati tanyangan video tentang gambaran hari akhir Menanya: Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mengenai tanyangan video, Guru memberi kesempatan kepada peserta didik menyampaikan pendapat atau menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik lain, Peserta didik mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang tanda-tanda hari akhir.

Jika rekan Guru ingin Download RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP PAI K13 SMP Kelas 9 Semester 1, RPP PAI Kelas 9 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP PAI SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Word, RPP PAI Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1, RPP K13 SMP PAI silahkan terus gulir ke bawah halaman ini hingga akhir artikel.

Lalu Kegiatan Eksplorasi pada RPP K13 SMP PAI Semester 1 Kelas 9 dilakukan dimana Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk mendiskusikan tanda-tanda hari akhir, Asosiasi: Setiap kelompok membuat simpulan mind mapping menghubungkan pengertian hari akhir dan tanda-tandanya, Komunikasikan: Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.

Kegiatan Penutup (20 menit) pertemuan 1 sesuai yang tertulis di dalam RPP PAI Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1 yaitu Guru memberikan penguatan materi tentang hari akhir, Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi peserta didik. Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran. Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

Kemudian dilanjutkan Pertemuan 2, seperti yang tercantum dalam RPP PAI SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Format Word kegiatan tersebut dimulai dengan Pendahuluan (10 menit ) ; Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat. Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik. Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.

Selanjutnya dalam RPP PAI Kelas 9 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 dinyatakan bahwa Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai. Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok. Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

Masuk pada Kegiatan inti (90 menit), dalam RPP PAI K13 SMP Kelas 9 Semester 1 ditegaskan dengan kegiatan Mengamati: Guru menyajikan dalil-dalil naqli tentang hari akhir, Peserta didik mengamati dalil-dalil naqli tentang hari akhir, Menanya: Guru mempersilahkan kepada peserta didik tentang bacaan pada dalil naqli tentang hari akhir, Peserta didik mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang bacaan pada dalil naqli tentang hari akhir. Guru mencatat seluruh pertanyaan peserta didik, bersama-sama peserta didik memilih pertanyaan yang diangkat dalam diskusi.

Tak lupa dalam RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 juga dijelaskan kegiatan Mengumpulkan informasi (Eksplorasi) ; Peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa kelompok (sesuai kebutuhan) untuk saling menyimak dan mempelajari tentang dalil naqli hari akhir. Mengasosiasi: Peserta didik secara kelompok membuat konsep bacaan dalil naqli hari akhir. Mengkomunikasikan: Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya. Setiap kelompok memberikan tanggapan atas presentasi kelompok lainnya.

Kegiatan Penutup (20 menit) yang tercantum dalam RPP PAI SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Revisi Semester 1 dilaksanakan dimana Guru memberikan penguatan materi tentang tanda-tanda hari akhir, Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi peserta didik. Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran. Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Terakhir Guru memberikan reward kepada “ kelompok peserta didik terbaik”. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa adalah langkah kegiatan akhir pada RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel PAI Semester 1

Untuk lebih jelasnya tentang penjelasan RPP SMP/MTs yang ada di atas maka silahkan bapak atau ibu Guru Download RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 pada tautan yang telah kami sediakan di akhir artikel.

Download RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020


Perlu sobat guru ketahui bahwa RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yang kami bagikan berikut ini hanyalah sebagai contoh saja sehingga jika akan digunakan lebih lanjut harap diedit terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan perangkat pembelajaran yang berlaku di sekolah bapak dan ibu guru. Silahkan Download RPP K13 SMP PAI Semester 1 Kelas 9 pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
rpp kelas9 pai semester1   semester2 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar