--> Skip to main content

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 merupakan RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel PAI yang nantinya RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP PAI SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi.
RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel PAI, RPP PAI SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi

Tahun ajaran baru telah dimulai yang berarti bahwa RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah menengah pertama yang mengampu kelas 9 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai bahan referensi dalam membuat RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yang berformat word sehingga mudah untuk anda edit sesuai keperluan.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 yang terdiri dari Kompetensi Inti (KI) berupa Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI lainnya dalam RPP K13 SMP PAI Semester 2 Kelas 9 yakni Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 memiliki Kompetensi Dasar (KD) yaitu Beriman kepada Qadha dan Qadar, Menghargai sikap tawakal kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Qadha dan Qadar, Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya. Menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel PAI, RPP PAI SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi dapat bapak dan ibu Guru download pada tautan yang ada di bagian bawah

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru


Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang dimuat dalam RPP PAI Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2 yaitu Mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi Iman kepada Qadha dan Qadar, Mengamalkan sikap tawakal kepada Allah sebagai implememntasi iman kepada Qadha dan Qadar, Menjelaskan pengertian iman kepada Qadha dan Qadar. Menyebutkan dalil naqli tentang iman kepada Qadha dan Qadar. Mencontohkan perilaku yang mencerminkan sikap beriman kepada Qadhadan Qadar.

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 mengandung beberapa Materi Pembelajaran yang dimulai dengan Pertemuan ke-1, Pengertian iman kepada Qadha dan Qadar. Dalil aqli dan naqli tentang iman kepada Qadha dan Qadar. Pertemuan ke-2 ; Perilaku yang mencerminkan sikap berimn kepada Qadha danQadar dalam kehidupan sehari-hari.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran yang tercantum pada RPP PAI SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Format Word dimulai dari Pertemuan 1 ; Pendahuluan (10 menit), Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat. Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

Selain itu dalam RPP PAI Kelas 9 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 juga menjelaskan bahwa Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik. Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi iman kepada Qadha dan Qadar.

Lalu di dalam RPP PAI K13 SMP Kelas 9 Semester 2 juga ditegaskan bahwa Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok. Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

Jika sobat guru mau Download RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP PAI K13 SMP Kelas 9 Semester 2, RPP PAI Kelas 9 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP PAI SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Word, RPP PAI Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2, RPP K13 SMP PAI silahkan terus scroll ke bawah hingga akhir atikel.

RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 menjelaskan Kegiatan inti (90 menit) yang diawali dengan kegiatan Mengamati: Guru menyajikan tayangan video/suara/gambar/tulisan tentang Iman kepada Qadha dan Qadar, Peserta didik mengamati tayangan video/suara/gambar/tulisan tentang Iman kepada Qadha dan Qadar, Guru menyajikan dalil-dalil naqli tentang iman kepada Qadha dan Qadar. Peserta didik membaca dan mengamati dalil-dalil naqli tentang iman kepada Qadha dan Qadar.

Kegiatan inti pada RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 dilanjutkan dengan aktivitas menanya dimana Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mengenai Iman kepada Qadha dan Qadar, Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mengenai dalil-dalil naqli tentang iman kepada Qadha dan Qadar. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik menyampaikan pendapat atau menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik lain. Peserta didik mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang iman kepada Qadha dan Qadar dan dalil-dali naqlinya.

Kemudian dalam RPP PAI SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi dijelaskan bahwa kegiatan akan dilanjutkan dengan kegiatan Eksplorasi, Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan tema yang telah ditentukan (pengertian, dalil aqli dan naqli, ciri-ciri perilaku dan hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar.)

Kegiatan Inti pada RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel PAI Semester 2 diakhiri dengan kegiatan Asosiasi dimana Setiap kelompok membuat simpulan mind mapping menghubungkan pengertian, dalil aqli dan naqli, ciri-ciri perilaku dan hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar. Mengomunikasikan: Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.

Masuk kegiatan Penutup (20 menit) dalam RPP PAI Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Semester 2 tertulis bahwa Guru memberikan penguatan materi tentang iman kepada Qadha dan Qadar. Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi peserta didik. Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran. Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”.

Selain itu dalam RPP PAI K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 juga ditegaskan bahwa Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

Untuk lebih jelasnya tentang penjelasan RPP SMP/MTs yang ada di atas maka silahkan bapak atau ibu Guru Download RPP K13 SMP PAI Semester 2 Kelas 9 pada tautan yang telah kami sediakan di akhir artikel.

Download RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020


Perlu sobat guru ketahui bahwa RPP PAI Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2 yang kami bagikan berikut ini hanyalah sebagai contoh saja sehingga jika akan digunakan lebih lanjut harap diedit terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan perangkat pembelajaran yang berlaku di sekolah bapak dan ibu guru. Silahkan Download RPP PAI SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Format Word pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
rpp kelas9 pai semester2   semester1 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP PAI Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar