--> Skip to main content

RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 merupakan RPP Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Seni Budaya yang nantinya RPP Seni Budaya K13 Kelas 8 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Revisi.
RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Seni Budaya K13 Kelas 8 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Seni Budaya, RPP Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Revisi

Tahun ajaran baru telah dimulai yang berarti bahwa RPP Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah menengah pertama yang mengampu kelas 8 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai bahan referensi dalam membuat RPP Seni Budaya K13 Kelas 8 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yang berformat word sehingga mudah untuk anda edit sesuai keperluan.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 yang antara lain sebagai berikut, Kompetensi Intinya berupa Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

RPP Seni Budaya K13 Kelas 8 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 juga memuat KI lain yaitu Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Seni Budaya K13 Kelas 8 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Seni Budaya, RPP Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Revisi dapat anda download pada tautan yang ada di bagian bawah

RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru


RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 memuat Kompetensi Dasar yakni Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah, Menyanyikan lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik, gaya, dan dialektika atau intonasi kedaerahan.

Indikator Pencapaian Kompetensi yang tertulis di dalam RPP Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi berupa Mengidentifikasi makna dan keunikan lagu daerah setempat. Menyimpulkan hubungan antara keunikan lagu daerah yang telah dipelajari dengan masyarakat pendukungnya. Mempresentasikan kesimpulan tentang teknik dan gaya menyanyi lagu daerah. Menyanyikan lagu daerah setempat dengan tehnik yang benar.

RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 mempunyai Tujuan Pembelajaran yang dimuali dengan Pertemuan 1, Setelah berdiskusi dan menggali informasi (Condition), peserta didik (Audience) dapat mengidentifikasi (Behavior)makna dan keunikan lagu daerah setempat dengan baik (Degre). Setelah berdiskusi dan menggali informasi (Condition), peserta didik (Audience) dapat mengamati dan mengidentifikasi (Behavior) penyajian beberapa lagu daerah lain dengan tepat (Degre).

Pertemuan 2 pada RPP Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Seni Budaya mempunyai tujuan PBM dimana Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran peserta didik (Audience) dapat menyimpulkan (Behavior) hubungan antara keunikan lagu daerah yang telah dipelajari dengan masyarakat pendukungnya dengan tepat (Degre) melalui diskusi dan mengumpulkan informasi (Condition). Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran peserta didik (Audience) dapat Mempresentasikan (Behavior) kesimpulan tentang teknik dan gaya menyanyi lagu daerah dengan tepat (Degre) melalui diskusi dan mengumpulkan informasi (Condition).

Sedangkan tujuan PBM di RPP Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Revisi pada Pertemuan 3 ialah Setelah mendengar (Condition), Peserta didik (Audience) dapat mengekspresikan (Behavior)lagu daerah sesuai makna lagunya dengan baik dan benar (Degre). Setelah mengamati (Condition), Peserta didik (Audience) dapat menyanyikan (Behavior) lagu daerah setempat dengan tehnik yang benar (Degre).

Untuk bisa Download RPP Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP Seni Budaya K13 SMP Kelas 8 Semester 1, RPP Seni Budaya Kelas 8 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP Seni Budaya SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Word, RPP Seni Budaya Kelas 8 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1, RPP K13 SMP Seni Budaya Semester 1 Kelas 8 silahkan terus scroll ke bawah menuju akhir artikel.

RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 terdiri dari beberapa Materi Pembelajaran yaitu dari Materi Pembelajaran Regguler berupa Pertemuan I ; Kedudukan dan fungsi lagu daerah di Indonesia, Fungsi lagu sebagai sarana upacara adat Di berbagai daerah di Indonesia bunyi-bunyian tertentu dianggap memiliki kekuatan yang dapat mendukung kegiatan magis. Musik terlibat dalam berbagai kegiatan upacara adat.

Materi lanjutan pada RPP Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 yakni Upacara Merapu di Sumba, mengiringi pemanggilan roh (alam kubur), Upacara Saren di Sunda, upacara panen padi, Fungsi lagu sebagai musik pengiringDalam berbagai penampilan tari, fungsi musik dapat berpengaruh pada perasaan seseorang dalam melakukan gerakan-gerakan indah. Musik sebagai penguat rasa, dalam proses penjiwaan dalam penampilan tari.

Dalam RPP Seni Budaya K13 SMP Kelas 8 Semester 1 juga menjelaskan Fungsi lagu sebagai media bermain ; Di pedesaan anak-anak sering menyanyikan lagu-lagu yang sederhana kala bermain. Musik berfungsi sebagai media bermain yang memberikan semngat kepada anak untuk memperkuat kegembiraan keceriaan dan keakraban mereka. Lagu : Cublek Suweng, Ampar-ampar Pisang, Pok Ami-ami, dll.

Tak lupa RPP Seni Budaya Kelas 8 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 juga menguraikan penjelasan dimana Fungsi lagu sebagai media penerangan/komunikasi masa ; Layanan iklan, penerangan pendidikan, kesehatan, pembangunan, dll. Pengertian unsur-unsur utama lagu : irama, melodi, tempo, dinamika, Irama : Ketukan kuat lemah, Melodi : Rangkaian yang membentuk lagu, Tempo : Cepat lambatnya lagu, Dinamik : Kuat lemahnya suara, Teknik pembentukan vokal : Artikulasi , Frasering , Pernafasan.

RPP Seni Budaya SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Word menekankan beberapa Langkah Pembelajaran yang dimulai dengan Kegiatan awal pembelajaran oleh guru dapat melakukan aktivitas berikut: Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

Disamping itu dalam RPP Seni Budaya Kelas 8 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1 juga menjelaskan bahwa Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

Untuk lebih jelasnya tentang penjelasan RPP SMP/MTs yang ada di atas maka silahkan bapak atau ibu Guru Download RPP K13 SMP Seni Budaya Semester 1 Kelas 8 pada tautan yang telah kami sediakan di akhir artikel.

Download RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020


RPP Seni Budaya K13 Kelas 8 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 berikut ini terdiri dari beberapa aspek seni budaya seperti : Seni Musik, Seni Rupa dan Seni Tari yang dapat bapak dan ibu Guru download gratis berdasarkan kode download dalam kurung dengan rincian seperti di bawah

RPP Kelas 8 Seni Budaya Aspek Seni Musik (musik)

RPP Kelas 8 Seni Budaya Aspek Seni Rupa (rupa)

RPP Kelas 8 Seni Budaya Aspek Seni Tari (tari)

Perlu sobat guru ketahui bahwa RPP Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 yang kami bagikan berikut ini hanyalah sebagai contoh saja sehingga jika akan digunakan lebih lanjut harap diedit terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan perangkat pembelajaran yang berlaku di sekolah bapak dan ibu guru. Silahkan Download RPP Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Seni Budaya Semester Ganjil berdasarkan kode dalam kurung yang di atas tadi pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
musik   rupa   tari   semester2 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar