--> Skip to main content

Kumpulan Soal PPPK Guru Semua Kompetensi

Kumpulan Soal PPPK Guru Semua Kompetensi merupakan Kumpulan Modul PPPK yang terdiri dari Kompetensi Teknis, Manajerial, Sosiokultural dan Wawancara dilengkapi dengan Pembahasan dengan macam-macam Mata Pelajaran mulai dari tingkat Guru PAUD, SD, SMP, SMA hingga SMK.
Contoh Soal PPPK Guru Lengkap
Guru honorer di tanah air begitu melimpah, kehadiran guru Honorer juga melengkapi kekurangan tenaga pendidik di berbagai sekolah baik yang ada di daerah maupun di daerah pelosok yang terpencil dan terluar.

Guru PNS di berbagai sekolah yang tersebar memang juga sudah banyak namun belum mencukupi akan kekurangan di berbagai sekolah sehingga dengan hadirnya guru honor maka dapat menutupi kurangnya tenaga pendidik di suatu sekolah.

Namun meski mencukupi kekurangan guru PNS dan kehadirannya yang sangat membantu dalam mencerdaskan anak bangsa tidak serta merta membuat kesejahteraan mereka juga ikut tercukupi, bahkan jauh dari kata cukup itu sendiri.

Bukan lagi rahasia jika kesejahteraan Guru honorer masih jauh dari angka cukup padahal porsi kerja mereka dengan guru PNS sama bahkan cenderung lebih banyak tapi kenyataan dan fakta menyingkap kebenaran yang pahit tentang kesejahteraan Guru Honorer.

Pengabdian adalah hal yang membuat mereka masih bertahan dan semangat untuk berjuang mendidik para peserta didiknya meskipun mereka juga harus berjuang untuk keluarga mereka dikala mereka pulang dari sekolah.

Namun sekarang ini para guru honorer bisa bernafas lega karena pemerintah telah memberikan kesempatan dan peluang yang sangat besar kepada mereka dengan jalan perekrutan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang disingkat PPPK.

PPPK hampir sama dengan PNS, mulai dari jenjang karir, peningkatan gaji, tunjangan hingga status sertifikasi memiliki kesamaan pola, yang membedakannya hanyalah pada pensiunan. Untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tidak memiliki gaji pensiun.

Kendati memiliki perbedaan demikian pelamar PPPK tetap saja membludak, namun hal itu bisa dikatakan wajar karena dengan adanya PPPK maka kesejahteraan guru honorer yang selama ini tidak jelas bisa menjadi lebih baik bahkan bisa memiliki kesejahteraan yang sama dengan PNS melalui jalan menjadi ASN PPPK.

Dengan adanya PPPK Guru bisa dipastikan akan banyak tenaga honorer di sekolah-sekolah yang akan menjadi ASN, hal ini dikarenakan pemerintah betul-betul serius kali ini dalam memperbaiki kesejahteraan Guru.

Kumpulan Soal PPPK Guru Semua Kompetensi


Keseriusan ini bisa dilihat dari perekrutan PPPK Guru tahap 1 yang mana pemerintah dalam perekrutannya sangat memprioritaskan kepada Guru yang telah lama mengabdi di suatu sekolah, contohnya dengan memberi berbagai nilai afirmasi pada umur 50+ dan 35+, jenis K2 dan prioritas Guru Induk sekolah.

Selain itu dalam Perekrutan PPPK, pihak Kemdikbud juga mendengar berbagai masukan dan keluhan Guru Honorer selama seleksi Tahap 1 PPPK berlangsung, hal tersebut terbukti dengan diturunkannya Passing Grade PPPK dari yang sebelumnya dinilai oleh mayoritas Guru begitu tinggi.

Dengan adanya kesempatan Guru honorer menjadi ASN melalui jalur PPPK lantas apa yang harus dilakukan sobat Guru sekarang ini? Jawabnya yakni dengan memanfaatkan kesempatan yang besar ini semampu mungkin untuk lolos Passing Grade PPPK.

Untuk lolos passing Grade PPPK tentu tidak cukup hanya dengan mengandalkan pengetahuan yang ada saja, melainkan rekan Guru wajib memperbaharui dan menambah wawasan yang ada karena tes PPPK dibagi menjadi Tes Kompetensi Teknis, Tes Kompetensi Manajerial, Tes Kompetensi Sosiokultural dan Tes Kompetensi Wawancara.

Perbaharui dan tambah wawasan yang ada dengan belajar Latihan Soal PPPK Guru Semua Kompetensi agar bisa menjadi jalan bagi bapak dan ibu Guru untuk lolos menjadi abdi negara PPPK.

Ibu/bapak Guru tidak perli ikut bimbel sana sini karena di internet banyak sekali Soal PPPK Guru Lengkap Semua Kompetensi bisa didownload secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

Dan untuk memudahkan rekan Guru Pejuang NIP PPPK sekalian maka melalui postingan ini pun kami akan membagikan Contoh Soal PPPK Guru Semua Kompetensi disertai Pembahasan yang bisa diunduh dengan mudah dan gratis.

Soal PPPK Guru Semua Kompetensi ini merupakan Kumpulan Soal PPPK Guru Lengkap Berbagai Mata Pelajaran mulai dari jenjang Guru SD, SMP, SMA hingga SMK sehingga sobat Guru tinggal memilih Soal mana yang mau diunduh untuk dipelajari.

Contoh Soal Latihan PPPK Guru Lengkap Semua Kompetensi ini bisa dijadikan sebagai Tryout Soal PPPK Guru SD, SMP, SMA dan SMK sehingga anda akan lebih siap dalam menghadapi Ujian Kompetensi PPPK tahap selanjutnya.

Download Kumpulan Soal PPPK Guru Semua Kompetensi


Tryout Soal PPPK Guru Semua Kompetensi ini diharapkan dapat membantu rekan guru sekalian dalam mematangkan diri untuk menghadapi Ujian Kompetensi PPPK yang tidak lama lagi akan kembali digelar.

Semoga dengan adanya Contoh Soal PPPK Guru Semua Kompetensi bisa menjadi jalan bagi bapak atau ibu Guru untuk menjadi ASN PPPK Guru. Silahkan Download Kumpulan Soal PPPK Guru Semua Kompetensi pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini

Kumpulan Soal PPPK Guru Kompetensi Sosiokultural

Kumpulan Soal PPPK Guru Kompetensi Manajerial

Kumpulan Soal PPPK Guru Kompetensi Pedagogik

Kumpulan Soal PPPK Guru Kompetensi Wawancara

Kumpulan Soal PPPK Guru Kompetensi Teknis

Jangan lupa bagikan informasi Tryout Kumpulan Soal PPPK Guru Semua Kompetensi ini ke rekan guru anda yang lain agar bermanfaat. Dapatkan update Info tentang Kumpulan Latihan Soal PPPK lainnya langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini 👉 Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar