RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 merupakan RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel IPA yang nantinya RPP IPA K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP IPA SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Revisi.
RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP IPA K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel IPA, RPP IPA SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Revisi

Tahun ajaran baru telah dimulai yang berarti bahwa RPP IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah menengah pertama yang mengampu kelas 9 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai bahan referensi dalam membuat RPP IPA K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yang berformat word sehingga mudah untuk anda edit sesuai keperluan.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 yang antara lain sebagai berikut, Kompetensi Inti berupa Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI lainnya yang terdapat di dalam RPP IPA SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Revisi yaitu Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP IPA K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel IPA, RPP IPA SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Revisi dapat ibu dan bapak Guru download pada tautan yang ada di bagian bawah

RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru


RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 mengandung Kompetensi Dasar yang meliputi Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari .

Selain yang disebutkan tadi kompetensi dasar lainnya dalam RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel IPA juga berupa Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari. Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari.

KD lainnya yang ikut dimuat dalam RPP IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Semester Ganjil yakni Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi, dan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi. Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular s3k5u4l dan upaya pencegahannya.

RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 memiliki beberapa Indikator yang diantaranya Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.

Indikator lainnya yang juga ditegaskan dalam RPP IPA K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yaitu Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

RPP K13 SMP IPA Semester 1 Kelas 9 juga menjabarkan IPK lain yakni Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari. Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Menjelaskan fase-fase pembelahan mitosis dan meiosis. Menjelaskan ciri setiap fase pembelahan mitosis dan meiosis.

Tidak hanya yang dosebutkan di atas, dalam RPP IPA Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1 juga ikut dimasukkan indikator Menyebutkan karakter atau sifat sel anakan hasil pembelahan mitosis dan meiosis. Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan. Menyebutkan fungsi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan. Mengidentifikasi Proses Pembentukan sp3rm4 (sp3rm4togenesis) dan proses pembentukan sel telur (oogenesis). Menjelaskan proses fertilisasi dan keh4mil4n.

Jika rekan Guru ingin Download RPP IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP IPA K13 SMP Kelas 9 Semester 1, RPP IPA Kelas 9 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP IPA SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Word, RPP IPA Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1, RPP K13 SMP IPA maka silahkan terus gulir ke bawah artikel ini hingga mencapai sesi akhir.

Tak lupa pada RPP IPA SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Word juga dimasukkan IPK berupa Menjelaskan proses perkembangan janin selama dalam kandungan. Menjelaskan fungsi cairan ketuban bagi janin. Menjelaskan gaya dorong dan gaya gesek yang tejadi pada proses melahirkan. Menjelaskan berbagai macam penyakit pada sistem reproduksi manusia. Menjelaskan upaya pencegahan penyakit pada sistem reproduksi manusia.

Indikator akhir yang tertulis di dalam RPP IPA Kelas 9 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu Menerapkan konsep pembelahan meiosis pada proses sp3rm4togenesis dan oogenesis. Memaparkan siklus menstruasi yang terjadi pada dinding rahim. Membuat grafik level hormon dalam siklus menstruasi. Menyajikan laporan hasil studi tentang penyakit pada sistem reproduksi. Membuat poster tentang upaya pencegahan dan penularan penyakit s3k5u4l

RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 mempunyai beberapa Materi Pembelajaran yang terkandung di dalamnya diantaranya Pembelahan sel sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Ada 3 alasan mengapa sel mengalami pembelahan, yaitu untuk pertumbuhan, perbaikan, dan reproduksi. Menurut teori sel, semua sel hidup berasal dari sel yang sudah ada omnis cellula e cellula Virchow pada tahun 1855. Pembentukan sel-sel baru atau anakan dari sel yang sudah ada sebelumnya dapat terjadi melalui proses pembelahan sel. Pembelahan sel dibedakan menjadi pembelahan mitosis dan meiosis.

Materi lainnya dalam RPP IPA K13 SMP Kelas 9 Semester 1 yakni Pembelahan mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah 2n atau disebut dengan makhluk hidup. Pembelahan meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel II yaitu, profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II. Pembelahan ini hanya terjadi pada organ k3l4m1n.

Selain itu pada RPP IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 juga diikutkan materi Struktur organ reproduksi manusia terdiri atas organ reproduksi atau alat k3l4m1n luar dan dalam. Alat k3l4m1n luar merupakan alat k3l4m1n yang terletak pada bagian luar tubuh atau dapat diamati secara langsung. Alat k3l4m1n dalam merupakan alat k3l4m1n yang terletak pada bagian dalam tubuh dan tidak dapat diamati secara langsung.

Dalam RPP IPA SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Revisi juga dijabarkan penjelasan Alat k3l4m1n antara laki-laki dan perempuan berbeda. Pada laki-laki, alat k3l4m1n luar adalah p3n1s dan skr0tum, dan alat k3l4m1n dalam meliputi testis, saluran sp3rm4, uretra, dan kelenjar reproduksi. Pada anak laki- laki yang berusia 13 atau 14 tahun, testis memproduksi sel k3l4m1n laki-laki yang disebut sp3rm4 dan hormon testosteron. Proses pembentukan sp3rm4 ini disebut sp3rm4togenesis. Proses pembentukan Selanjutnya, sel sp3rm4togonium membelah secara mitosis membentuk sp3rm4tosit sekunder melanjutkan pembelahan meiosis membentuk dua sel sp3rm4tid. Selanjutnya, sp3rm4tid mengalami diferensiasi atau perkembangan menjadi sp3rm4tozoa.

Materi lanjutan yang paling ditegaskan dalam RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel IPA adalah Hormon test0ster0n memiliki banyak fungsi, antara lain: mengatur perkembangan dan fungsi alat k3l4m1n laki-laki, mengatur perkembangan ciri-ciri k3l4m1n sekunder. Pada masa ini anak laki-laki sedang mengalami masa pubertas. O0sit primer akan membelah secara meiosis I dan menghasilkan dua sel melanjutkan pembelahan yaitu meiosis II sehingga terbentuk ootid dan badan polar sekunder. Begitu pula badan polar primer, akan membelah menghasilkan dua badan polar sekunder.

Untuk melengkapi penjelasan materi maka dalam RPP IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Semester Ganjil juga diperjelas tentang Menstruasi yang mana merupakan suatu keadaan dimana keluarnya darah, cairanjaringan, lendir, dan sel-sel epitel yang menyusun dinding rahim Menstruasi terjadi apabila sel telur tidak dibuahi oleh sel sp3rm4. Fertilisasi merupakan proses peleburan inti sel sp3rm4 dengan inti sel telur sehingga membentuk zigot.

RPP IPA K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 juga memuat uraian tentang Proses fertilisiasi yang terjadi di dalam tuba fallopi. Setelah terjadi fertilisasi, zigot yang terbentuk akan melakukan pembelahan dan berkembang menjadi embrio yang pada kondisi ini seseorang mengalami kehamilan. Perkembangan embrio dalam kandungan dapat dibagi menjadi beberapa periode, yaitu trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga. Penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi manusia antara lain epididimitis.

Untuk lebih jelasnya tentang penjelasan RPP SMP/MTs yang ada di atas maka silahkan bapak atau ibu Guru Download RPP K13 SMP IPA Semester 1 Kelas 9 pada tautan yang telah kami sediakan di akhir artikel.

Download RPP IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020


Perlu sobat guru ketahui bahwa RPP IPA Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1 yang kami bagikan berikut ini hanyalah sebagai contoh saja sehingga jika akan digunakan lebih lanjut harap diedit terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan perangkat pembelajaran yang berlaku di sekolah bapak dan ibu guru. Silahkan Download RPP IPA SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 format Word pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
rpp kelas9 ipa semester1   semester2 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
Loading...

Baca juga:

Loading...
Buka Komentar